Surat Pernyataan Talak/Cerai

Rumah Tangga yang Sakinah Mawahdah dan Warahmah adalah impian setiap pasangan hidup yang secara agama dan hukum sah (suami-istri). Menciptakan Rumah Tangga yang di idam-idamkan dan menciptakan “Albaiti Jannati”/ Rumahku adalah Surgaku /Home Sweet Home bisa diciptakan oleh setiap pasutri (pasangan suami istri).

Tapi entah kenapa dan entah siapa yang harus disalahkan apabila dalam suatu rumah tangga sudah tidak dapat dipertahankan lagi, memang kita tidak dapat menghindari dan lari dari perkembangan zaman, perkembangan teknologi. Tapi apakah juga disebabkan oleh kemerosotan moral, tidak dalam kehidupan awam, dalam dunia artis dan selebritis sepertinya kata pisah/cerai/talak bukanlah suatu kata yang takut untuk diucapkan, sudah biasa gitu!

Agama mengajarkan bahwa dalam rumah tangga dan saat melakuakan “ijab qabul” bahwa yang menyaksikan atau menjadi saksi adalah Allah (tata cara islam), maka Dia sangat membenci suatu Perceraian, tapi ridho jika mempertahankan perkawinan itu akan menyebabkan kemudaratan-kemudaratan yang lain.

Sebagai manusia normal, mungkin ada kejenuhan dan rasa bosan yang dirasakan dalam kehidupan rumah tangga, ada rasa capek, letih dan lelah atau stres yang di akibatkan oleh banyak faktor, ya mungkin kehidupan ekonomi (paling berpengaruh), orang ketiga bahkan adanya PIL dan WIL yang memberikan penyegaran.

Disaat penulis menulis tulisan ini, penulis berada dalam suatu hal yang sangat membingungkan, suatu hal yang sangat membuat penulis bisa menulis tulisan ini.

Sebuah surat pernyataan cerai yang membuat penulis menulisnya.

Bagi para pengunjung blog ini atau sekedar liat-liat atau ingin tahu seperti apa bentuk surat pernyataan cerai/talak, penulis telah selesai menanda tanganinya dan siap untuk diberikan kepada orang yang pantas menerimanya;

SURAT PERNYATAAN TALAK/ CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini kami masing-masing pihak.

I.                      Nama                     :

Umur                     :

Agama                   :

Pekerjaan               :

Alamat                   :

Dalam hal ini disebut Pihak I. Yang meminta cerai dengan talak III kepada:

II. Nama                     :

Umur                     :

Agama                   :

Pekerjaan               :

Alamat                   :

Dalam hal ini disebut Pihak II. Yang memberi cerai dengan talak III

Pada hari ini Seni  tanggal 22 Pebruari 2009, kami menyatakan yang sebenar-benarnya, di hadapan para saksi-saksi bahwa kami telah sepakat untuk bercerai dalam hidup berumah tangga, atas dasar kemauan kami berdua tanpa ada pemaksaan dari pihak manapun.

Dan kami Pihak I, dan Pihak II tidak saling menuntut hak-hak apapun bentuknya. Kami berdua telah merelakan masing-masing pihak, apabila dikemudian hari Pihak I dan Pihak II ada yang mengajak untuk berumah tangga, kami mempersilahkan, kami berdua berjanji tidak akan menuntut kepada siapapun/ pegawai setempat.

Demikianlah surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Jakarta, 22 Pebruari 2009

I. Pihak I (Yang meminta talak/cerai)                                                                                                          II.  Pihak II (Yang memberi talak/cerai)


(……………………………….)                                                                                                                              (……………………………………)

Saksi-saksi

I. II.

(­­­­­­­­­­­­­­­­­­­……………………………………)                                                                                                                       (………..…………………………..)

Nb. Jangan lupa bubuhi dengan materai Rp. 6.000,- biar sah.

Penulis tidak bermaksud mengajarakan apalagi menganjurkan untuk bercerai, tapi bila perceraian itu adalah hal yang terbaik dan membuat banyak hati orang merasa baik, sok…. copylah ini, kemudian print dan berikan kepada orang yang akan menjadi x-pasangan anda.

Sekali lagi penulis minta maaf bila ada kesalahan dan ketidak cocokan tolong dikritik atau diberi masukan untuk yang lebih baik, karena penulis menulis dalam keadaan setengah badan…..

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: